Pola Hidup Vegetarian dan Perlindungan Lingkungan

Pola Hidup Vegetarian dan
Perlindungan Lingkungan

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Hawaii, Amerika Serikat, 3 September 1994
(Asal bahasa Inggris)

Kita menghabiskan bumi ini karena kita memelihara ternak dan hewan. Sebenarnya, ada suatu cara lain yang bisa kita sumbangkan kepada planet kita. Kalian semua tahu akan hal ini; kalian membaca lebih banyak buku dari pada yang saya bisa bayangkan -mengenai pola hidup vegetarian, tentang bagaimana menyelamatkan dunia kita, tentang cinta kasih akan lingkungan dan segala hal apa saja. Dan pola makan vegetarian adalah jawaban bagi segala pertanyaan ini. Bumi kita sedang mengalami kehancuran karena kita makan terlalu banyak daging. Sesungguhnyalah kita harus melakukan cara itu. Secara kasar, hampir seperti itu, kalian lebih banyak membaca surat kabar daripada saya; kalian lebih banyak menonton TV daripada yang pernah saya lakukan. Saya tidak nonton TV.

Tapi, kalian tahu bahwa setiap menit, setiap tahun, kita menebangi hutan-hutan seluas Inggris hanya untuk beternak hewan. Jadi, berapa banyak hutan hujan yang telah dihancurkan. Ini mengubah atmosfer dan hujan. Itu sebabnya planet ini menjadi makin panas, dan banyak tempat mempunyai masalah dengan banjir dan kekeringan dalam kurun waktu yang lama, bahkan di Amerika.

Jadi, kalau kita ingin menyelamatkan planet ini, jika kita ingin berkhotbah tentang pelestarian lingkungan, kita haruslah menjadi vegetarian. Tiada lainnya lagi. Dan hal itu sangat kecil dibandingkan dengan segala vaksinasi serta segala air murni yang digunakan untuk daging dan semacamnya. Kalian tahu lebih baik daripada saya. Saya tidak ingin menceramahi kalian tentang hal yang telah kalian baca di surat kabar atau majalah dan lihat di TV setiap hari. Saya hanya mengingatkan kalian tentang suatu bagian yang kecil darinya. Tetapi, dampak-dampak yang merugikan dari pola makan daging adalah lebih besar daripada kehidupan, tidak itu saja – terhadap banyak hal, dan merugikan bagi diri kita sendiri.

Menyelamatkan Bumi dengan Melindungi Lingkungan

Pada abad yang baru lalu, peradaban manusia mengalami kemajuan pesat teknologi dan industri. Walau kemajuan ini membawa pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta kemudahan bagi kehidupan kita, biayanya atas Bumi ini cukup mahal. Lingkungan alam yang indah hancur oleh polusi, dan sumber daya terbatas planet kita hampir habis oleh eksploitasi manusia yang tak terkendali. Guru pernah berkata kepada kita, “Bumi ini sungguh cantik! Saya tak mau ia binasa begitu cepat. Manusia di dunia ini mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke bulan, tetapi mereka mengeluarkan sedikit sekali bagi perawatan Bumi ini. Ini tidak betul!”

Meskipun kita hanyalah pengunjung di planet ini, kita harus memikirkan generasi-generasi mendatang dan semua makhluk lainnya yang hidup di sini. Setiap orang berkewajiban mencintai dan memelihara Bumi yang indah ini. Di samping mendorong kita untuk berlatih dengan tekun dan melindungi Bumi, sejak tahun-tahun awal khotbah-Nya, Guru secara konsisten mengajar rekan-rekan praktisi cara menghemat energi dan melestarikan lingkungan alam dalam kehidupan sehari-hari. Atas terjadinya perubahan ekologi dan iklim yang drastis di masa sekarang, Guru juga telah memperingatkan umat manusia dan menawarkan solusi praktis bagi persoalan-persoalan serius ini, yaitu pola hidup vegetarian dan reforestasi. (Silakan simak kembali ceramah Guru tahun 1994 di Jepang: “Cara Menyelamatkan Dunia dari Hari Kiamat”, bisa dilihat pada Majalah Berita No.38) Pengetahuan dan konsep umum demikian boleh jadi bukan teori yang muluk-muluk, tetapi pastilah tepat guna dan efektif. Melalui ucapan dan tindakan Guru, kita saksikan dan pelajari suatu naskah suci yang amat sangat hidup dengan kebijaksanaan seorang Guru Tercerahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s